Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Februari 2011

Cara Nyari Animasi di Google


Tulisan ini saya buat karena teringat akan tugas yang pernah diberikan oleh guru Biologi saya (Pak Agus). Waktu itu saya dan teman-teman disuruh nyari animasi untuk mendukung presentasi kami. Pak Agus bilang keywordnya “Animation Science”, tapi selama 1 jam saya mencari di warnet gak ketemu-ketemu. Sebenarnya saya dan teman-teman sekelompok udah frustasi dan yakin gak akan ketemu. Akan tetapi Allah punya kehendak lain. Hari minggu saya di ajak ayah saya ke gramedia cempaka mas. Disana saya melihat sebuah buku komputer berjudul “Google Hacking”, sontak saya langsung membuka plastik pembuskus dan membaca isinya. Ternyata buku itu berisi berbagai kombinasi-kombinasi keyword untuk mendapatkan jawaban yang sesuai dari Google.

Suatu waktu saya pergi ke warnet dengan niat pengen unduh lagu-lagu terbaru. Akan tetapi entah mengapa saya bisa mendapatkan suatu kombinasi keyword untuk mendapatkan animasi dari google. Kombinasinya adalah => keyword filetype:swf. Saat saya coba => snail filetype:swf => Waw, luar biasa saya berhasil mendapatkan animasi-animasi tentang siput. Saya mencari menggunakan bahasa Inggris karena menurut saya orang Indonesia masih jarang yang bikin animasi.

Logikanya:
'filetype:' adalah salah satu keyword yang berfungsi sebagai filter berdasarkan tipe file. Misal kita tulis => filetype:doc => maka hasil pencarian yang tampil hanyalah file “Word Document” . Nah swf adalah tipe file ANIMASI. Setahu saya masih banyak lagi tipe file yang bisa difilter, contoh: xls (Excel), ppt (Power Point), pdf (e-book), bmp jpg gif (gambar). Namun setelah saya tes ternyata keyword ini tidak berfungsi untuk tipe file audio dan video (mungkin sudah dilindungi oleh Google).

Semoga bisa membantu teman-teman semua yang pengen nyari animasi baik untuk koleksi pribadi maupun tugas sekolah....

0 komentar:

Posting Komentar